Serba-serbi Istri Mahasiswa Cari Kerja di UK

Mereka yang memiliki status sebagai dependent (pasangan/partner/anak) dari seseorang yang sedang kuliah di UK dan memegang Tier 4 Visa (student visa), diperbolehkan bekerja di UK. Kalau memang mau dan punya kualifikasi yang cocok, mereka juga diperbolehkan bekerja full-time. Dari pengalaman pribadi sebagai istri/dependent yang berambisi punya penghasilan agar bisa beli-beli saat ada train/plane/bus ticket sale, ada beberapa hal yang saya ketahui saat mencoba melamar kerja dan bekerja sebagai freelance translator & interpreter di UK.

NINO

Yang pertama banget, sebelum melamar, pelamar kerja harus terlebih dahulu punya NINO. NINO adalah National Insurance Number yang membuat seseorang masuk ke dalam social security and tax system-nya UK. Memiliki NINO artinya menjadi wajib pajak sekaligus berhak menerima tunjangan/bantuan sosial dari pemerintah jika  membutuhkan, misalnya jika pemasukan rumah tangga di bawah jumlah minimum. Tapi sayang sekali, para pemegang Tier 4 Visa tidak diperbolehkan menerima bantuan tersebut karena sudah tertulis di kartu British Residence Permit (BRP) bahwa mereka tidak boleh mengklaim dana publik (no recourse to public fund). Jadi kesimpulannya, mereka tetap harus membayar pajak penghasilan, tapi tidak boleh mendapatkan bantuan dana bahkan jika butuh. Ya, terima aja deh yaaa, namanya juga peraturan.

Cara mendapatkan NINO adalah dengan menelepon ke nomor khusus ini: 0300 200 3500. Ini adalah nomor resmi yang tercantum di website www.gov.uk. Hingga saat ini, satu-satunya cara mendapatkan NINO adalah lewat telepon. Hati-hati terjebak iming-iming bisa mendapatkan NINO dengan aplikasi online karena ujung-ujungnya akan diminta bayaran karena itu sebetulnya hanya agen/calo.

Saat menelepon ada beberapa pertanyaan yang diajukan, seperti nama, nomor BRP dan alamat. Pemohon NINO juga akan diminta mencatat nomor referensi aplikasinya. NINO akan dikirim lewat pos. Prosesnya kurang lebih 10 hari kerja. Jika tak kunjung datang, pemohon bisa menelepon lagi dengan menyebutkan nomor referensi yang sudah diberikan.

Saat NINO sudah di tangan, barulah bisa mencoba melamar kerja karena sebagian besar aplikasi pekerjaan online akan meminta pelamar kerja untuk memasukkan NINO di dalam e-form. Ada baiknya membuat NINO ini walaupun kita belum yakin juga mau kerja atau tidak, karena bahkan jika ingin bekerja sebagai sukarelawan, organisasi amal (terutama yang terkenal dan punya reputasi baik), akan menanyakan NINO kita.

DBS

Banyak perusahaan di UK yang mensyaratkan pelamar kerja untuk mendapatkan Disclosure and Barring Service (DBS). Ini semacam Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB) di Indonesia. Pelamar kerja tidak dapat membuat DBS sendiri, melainkan harus mendapatkan formulir terlebih dahulu dari perusahaan yang akan memberi kerja. Selain mengisi formulir, ada beberapa dokumen yang harus disertakan. Salah satu yang wajib adalah paspor, lalu ada beberapa pilihan dokumen lain yang harus disertakan. Pemohon bisa memilih dokumen mana yang ia miliki. Daftar pilihan dokumen bisa dilihat website gov.uk.

Pelamar kerja harus membayar untuk mendapatkan DBS kecuali jika permohonan DBS dibuat oleh organisasi amal (charity). Biaya resmi pemeriksaan DBS saat ini adalah £44 tapi beberapa perusahaan menambahkan biaya administrasi, ada yang meminta total  sampai £60 untuk DBS check ini. Lumayan mahal memang tapi sisi baiknya, DBS tidak memiliki tanggal kedaluwarsa sehingga bisa dipakai beberapa kali jika ingin melamar kerja di tempat lain. Sama seperti NINO, DBS akan dikirim via pos ke alamat tempat tinggal dalam waktu sekitar 10 hari kerja.

Income Tax dan National Insurance Contribution

Karena sudah masuk ke dalam sistem perpajakan UK, maka penghasilan yang didapatkan akan terkena pajak. Penghasilan akan dipotong dua jenis pajak. Yang pertama adalah income tax, yang kedua adalah national insurance contribution.

Berapa jumlah potongan pajak untuk income tax? Setiap wajib pajak di UK memiliki apa yang disebut personal allowance (penghasilan bebas pajak). Untuk tahun 2018, personal allowance ditetapkan sebesar £11,850. Jadi jika penghasilan kita masih di bawah jumlah itu, maka kita tidak terkena pajak. Tapi sebagai freelancer yang penghasilan per bulannya tidak tetap, biasanya upah saya tetap dipotong income tax. Tapi jangan khawatir, jika penghasilan ternyata masih di bawah personal allowance, maka pajak yang sudah saya bayarkan itu bisa diklaim lagi setahun sekali. Caranya dengan mengisi form tax return. Isi formulirnya gampang banget dan dalam waktu 10 hari kerja, uang pengembalian pajak sudah masuk ke rekening bank saya.

Lalu bagaimana kalau penghasilannya melebihi personal allowance? Sistemnya dibuat seperti ini:

  • 0% untuk penghasilan sampai £11,850
  • 20% untuk penghasilan dari £11,851 sampai £46,350 (jadi yang £11,850-nya tetap tanpa pajak).
  • 0% untuk penghasilan dari £46,351 sampai £150,000 (jadi yang £11,850-nya tetap tanpa pajak, dan £11,851 sampai £46,350-nya tetap 20% saja).
  • 45% untuk penghasilan lebih dari £150,000.

Jadi misalnya jika penghasilan per tahun kita adalah £20,000, maka pajak yang akan kita bayar adalah 20% dari selisih antara £20,000 dan £11,850. 20% dari £8,150 adalah £1,630.

Itu baru income tax yaaaaa. Sekarang pajak kedua, national insurance contribution. Pajak ini diberlakukan berdasarkan penghasilan per minggu. Jika penghasilan kita lebih dari £162 per minggu, maka akan dipotong pajak jenis ini. Sistemnya adalah sebagai berikut:

  • 0% untuk penghasilan £162 per minggu.
  • 12% untuk penghasilan antara £162,001 sampai £892 per minggu.
  • 2% (saja) untuk penghasilan lebih dari £892 per minggu.

Contohnya jika penghasilan kita £1000 per minggu, maka pajak untuk £162 pertama adalah 0%. Lalu 12% (£87,60) dari £730 (selisih £892 dikurangi £162), dan 2% (£2,16) dari £108 (selisih £1,000 dikurangi £892). Jadi jumlah total pajak national insurance contribution adalah £89,76.

Karena dihitung berdasarkan kerja per minggu, bukan per tahun berdasarkan personal allowance seperti income tax, maka national insurance contribution tidak memiliki kemungkinan untuk diklaim.

Income tax dipakai untuk pendidikan, kesehatan, dan pembangunan infrastruktur, sementara national insurance contribution dipakai sebagai dana berbagai tunjangan sosial seperti tunjangan pensiun, tunjangan melahirkan, dll yaaanggg……oleh saya sebagai pemegang dependent Tier 4 visa, tidak boleh diklaim bahkan jika saya memerlukannya :)) Tapi yang lebih penting adalah pengalaman yang didapatkan, bukan? Dan bersyukur karena kita bahkan bisa survive tanpa perlu meminta tunjangan karena bukan itu tujuan jauh-jauh datang ke sini 🙂

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Powered by WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: