Meningkatkan Kesadaran Metalinguistik Anak Lewat Main Tebak-tebakan

Waktu kecil saya senang sekali main tebak-tebakan. Banyak tebak-tebakan yang masih teringat sampai sekarang.

– Tahu, tahu apa yang gede banget?

– Tahu isi Sumedang. (Hahahaha, segede apa tuh tahunya diisi kota Sumedang?)

– Di belakang becak ada apa?

– Ada tukang becaknya, lah.

– Salah. Ada huruf K.

– Hewan, hewan apa yang cuma terdiri dari satu huruf?

– I, kan? (Ini jawaban konyol banget, sampai sekarang tetap bikin ngakak)

Sambil membesarkan seorang anak laki-laki yang saat ini duduk di sekolah dasar, saya  memperhatikan. Kok sepertinya mau dimanapun, mainan tebak-tebakan ini populer yaaa, di kalangan anak-anak. Selama tinggal di sini si bocah mendapat tebakan baru dari banyak sumber misalnya dari acara televisi anak, dari kertas pembungkus coklat atau biskuit, dan bahkan dari buku-buku bacaan sekolah. Di halaman akhir sejumlah buku, ada pertanyaan tebakan yang biasanya topiknya sesuai dengan isi buku. Girang tak terkira dia kalau dapat tebakan baru.

Knock-knock jokes sangat populer di sini.

Knock knock.
Who’s there?
It’s May.
May who?
Maybe yes, maybe no!

Knock knock.
Who’s there?
Tennis!
Tennis who?
Ten is my favourite number!

Anak-anak banyak yang berusaha banget memikirkan kata-kata untuk jadi plesetan knock knock jokes. Lucu deh, kalau main tebakan ini sama mereka.

Tak sengaja, waktu sedang baca-baca artikel linguistik tentang metalinguistik dan kesadaran metalinguistik, saya menemukan fakta yang menarik. Lewat tebak-tebakan, ternyata anak dapat mengembangkan kesadaran metalinguistiknya serta meningkatkan kemampuannya memahami bacaan.

Walaupun kedengarannya linguistik banget, memahami kedua istilah ini mudah, kok. Metalinguistik adalah kemampuan untuk secara sadar menggunakan bahasa secara alami. Kesadaran metalinguistik adalah kemampuan untuk menggunakan bahasa juga. Bedanya, ada sesuatu yang lebih spesifik dari definisi kesadaran metalinguistik, yaitu menggunakan bahasa DAN mengevaluasinya sebagai sesuatu (kode linguistik dalam hal ini) yang dapat berubah-ubah dan tidak selalu tergantung dengan arti kata. Contoh sederhana, jika kita bisa memahami tebakan tahu isi Sumedang, berarti kesadaran metalinguistik kita bekerja. Kita tahu kata Sumedang merujuk kepada kota, tapi dalam tebakan ini Sumedang jadi isian tahu (kode linguistiknya berubah). Demikian juga di knock knock jokes. Kata May bisa berarti nama orang, tapi lalu berubah menjadi bagian dari kata maybe. Begitu kira-kira pemahaman saya sebagai orang awam yang tidak terlalu nge-linguistik :))

Pada anak-anak, saat kesadaran metalinguistik berkembang maka mereka dapat mulai memahami bahwa pernyataan bisa memiliki arti harfiah dan arti kiasan. Mereka akan belajar memahami ungkapan-ungkapan dalam bahasa. Antara usia 6-8 tahun, anak biasanya mulai mengembangkan kesadaran metalinguistik ini dan lambat laun bisa mengerti ironi atau sarkasme sebuah pernyataan.

Kesadaran metalinguistik penting sekali untuk dikembangkan karena kembali lagi ke definisi awal, kemampuan ini berhubungan erat dengan penggunaan bahasa secara alami, dalam membaca, menulis, mendengar dan berbicara. Terutama untuk orang tua yang ingin membesarkan anaknya menjadi bilingual, kesadaran metalinguistik harus dilatih supaya anak bisa menggunakan dua atau tiga atau bahkan lebih bahasa, dengan luwes mendekati penutur aslinya.

Nah, salah satu caranya bisa dilakukan dengan bermain tebak-tebakan. Banyak tenaga pendidik di Eropa sepakat bahwa cara ini efektif untuk meningkatkan kesadaran metalinguistik anak. Anak-anak yang kesadaran metalinguistiknya bagus, tidak bermasalah dalam memahami bacaan sehingga saat di pendidikan tinggi nanti mereka mudah mencerna isi buku. Ayo kita kumpulkan tebakan yang banyak dan nikmati tebakan-tebakan kocak hasil kreasi anak kita :))

Advertisements

2 thoughts on “Meningkatkan Kesadaran Metalinguistik Anak Lewat Main Tebak-tebakan

Add yours

  1. Ini si albert banget tebak2an melulu dan seneng banget kalo gue ngasih tahu tebakan baru, biar bisa dia kasih ke orang lain lagi.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Powered by WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: