Persiapan Liburan: Let Traveloka Do the Hard Work

Siapa sih yang nggak suka liburan? Hal yang satu ini paling saya nanti-nanti sepanjang tahun. Bukan hanya karena bisa refreshing  tapi juga karena saya selalu berlibur bersama keluarga kakak dan adik saya. Kami semua tinggal di negara yang berbeda-beda jadi berlibur bersama sudah jadi kebiasaan tahunan. Minimal 3 keluarga sekaligus berlibur, kebayang kan ramenyaaaa. Saat liburannya sih sudah pasti menyenangkan, tapi persiapannya itu loooh kadang bikin pening (baca: stres). Mempersiapkan liburan bukan hal yang dapat dilakukan dalam sekedip mata karena saya – yang selalu kebagian untuk menyiapkan transportasi dan penginapan untuk serombongan – harus memilih jadwal penerbangan dan hotel yang pas untuk semua keluarga dan tentunya sesuai budget. Eh, tapi itu sebelum saya berkenalan dengan Traveloka. Setelah kenal? Legaaaa, rasanya seperti dapat uluran tangan dalam membantu menyiapkan liburan.

Salah satu PR saat mempersiapkan liburan adalah mencari tiket pesawat. Sebelum kenal Traveloka, saya harus buka beberapa situs web maskapai penerbangan. Kalau liburan di dalam negeri masih lumayan simpel karena hanya ada beberapa maskapai penerbangan. Tapi bayangkan kalau liburannya ke luar negeri. Airline-nya bisa ada puluhan! Lalu saya harus buka situs web mereka satu per satu, bongkar pasang jadwal penerbangan sampai akhirnya dapat yang pas, sesuai keinginan. Mungkin waktu yang saya habiskan untuk mengerjakan ini bisa saya pakai sekitar 5 kali bolak balik ke salon untuk krimbat atau hair spa. PR selanjutnya sudah pasti mencari akomodasi. Nah pekerjaan yang satu ini lebih makan waktu lagi. Kalau maskapai penerbangan ada puluhan, hotel ada ratusan. Tapi sudahlah, itu semua masa lalu :))

Jadi setelah berkenalan, saya jadi seperti punya slogan, let Traveloka do the hard work. Saya suka banget dengan layanan paket gabungan pesawat dan hotel. Alasan pertama sudah pasti karena lebih hemat dari sisi biaya. Karena liburan saya selalu menyerupai bedol desa (satu rombongan minimal 11 orang dewasa dan anak-anak, kadang malah lebih), bisa menghemat 20% itu penting bangetttt. 20% hasil penghematan paket pesawat+hotel ini bisa kami alokasikan untuk pos yang lain misalnya kuliner, atraksi wisata, self-indulgence treatment buat ibu-ibu (atau kadang bapak-bapaknya juga), atau belanja oleh-oleh.

Alasan kedua adalah penghematan waktu. Saya hitung-hitung, cukup dengan riset paket pesawat dan hotel di Traveloka saya bisa hemat waktu 5-7 jam. Biasanya saya harus meluangkan lebih banyak waktu untuk riset harga, jadwal penerbangan, lokasi hotel, dan banyak lagi hal lainnya. Mungkin ini bisa berbeda-beda ya untuk setiap orang, tergantung seberapa detil informasi yang diinginkan dan tentu saja jumlah peserta liburannya. Dulunya kan saya harus selalu buka situs web satu per satu. Nggak kerasa sih, tapi pas sadar ternyata sudah 2 jam browsing sana sini dan itupun belum selesai.

Sekarang saya hanya perlu buka satu situs saja. Bahkan karena Traveloka juga sudah menyediakan mobile application, saya tidak perlu lagi duduk di depan laptop. Semua pemesanan bisa saya lakukan dari ponsel (bisa sambil ngemil), semua beres :))  Penghematan waktu untuk mempersiapkan liburan juga berarti kita bisa menggunakan waktu yang kita hemat itu untuk melakukan hal lain. Misalnya saja, kalau seseorang bekerja dan menghasilkan seratus ribu rupiah per jam, maka hemat waktu 5 jam setara dengan lima ratus ribu rupiah. Selain itu, waktu sebanyak itu juga bisa saya pakai untuk melakukan hal lain seperti quality time dengan anak, nge-date bareng suami, pedicure-manicure, ngopi cantik bareng teman baik dan segudang hal lain.

Satu lagi, karena  pesawat dan hotelnya sudah sepaket, kalau ternyata terjadi sesuatu di luar dugaan, saya tidak perlu kontak maskapai penerbangan dan hotel secara terpisah. Itu time consuming juga, kan. Sekarang saya hanya perlu kontak Traveloka saja kalau memang ada isu seputar rencana perjalanan seperti perubahan tanggal, request jenis kamar, daaaan masih banyak lagi pernak pernik lainnya yang suka aja mendadak muncul.

Nah, buat saya pribadi kalau ditanya: #jadibisa apa saja dengan Traveloka? Tentu saja selain bisa praktis pesan tiket pesawat dan hotel, saya juga bisa menghemat uang serta waktu dan itu adalah hal yang esensial. Apalagi soal waktu, saya setuju banget dengan kutipan ini: don’t be busy, be productive!

IMG_9778
Families are like fudge. Mostly sweet with LOTS of nuts!
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Powered by WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: