Stick Man Live on Stage

Setelah bolak balik baca buku Stick Man, kebetulan sekali tahun ini ada pertunjukan teater Stick Man, Live on Stage. Dipikir-pikir, ini kesempatan baik untuk dijadikan pengalaman menyaksikan pertunjukan teater untuk pertama kalinya di hari ulang tahun si bocah yang ke-7. Apakah ia senang melihat karakter di dalam buku menjadi hidup di panggung? Ternyata si bocah menikmati banget!

Buku cerita bergambar Stick Man sudah terjual lebih dari 2 juta kopi di seluruh dunia. Buku ini menarik karena menjadikan sebuah ranting pohon sebagai karakter utamanya. Si penulis buku, Julia Donaldson, menjalin cerita dengan antromorfisme Stick Man, seorang ayah yang terpisah dari istri dan tiga anaknya. Ia menggunakan kata-kata yang dipilih dengan cermat dan sebagian besar berima.

Cerita Stick Man dimulai saat ia sedang lari pagi. Tiba-tiba datang seekor anjing yang membawanya pergi karena ia dikira sebuah ranting mati. Kasihan Stick Man. Ia mendapat pengalaman melelahkan karena terus berpindah tangan; dibawa anjing, anak perempuan kecil, jatuh ke tangan seekor angsa dan masih banyak lagi. Setelah itu ia terombang ambing di laut dan terdampar di pantai. Ia lelah, putus asa dan rindu keluarganya. Ia terjebak badai salju, lalu jatuh tertidur karena kedinginan. Saat terbangun, ia berada di perapian bersama ranting-ranting lainnya. Ia pikir ini akhir hidupnya. Di saat itu terdengar suara seseorang yang terjebak di cerobong asap. Ternyata Santa Claus yang terjebak! Setelah Santa Claus berhasil melepaskan diri dari cerobong asap, ia mengantar Stick Man kembali ke keluarganya.

Stick Man, Live on Stage diadakan di Leicester Square Theater. Di London ada banyak banget gedung pertunjukan teater karena seni pertunjukan di kota ini dan juga di Britania Raya merupakan bagian penting dari British Culture. Leicester Square Theater ini sendiri adalah teater kecil yang kapasitas tempat duduknya hanya sekitar 400. Karena kecil, menonton jadi lebih nyaman karena jarak ke panggung tidak terlalu jauh. Setiap gerakan dan ekspresi dapat dilihat dengan jelas dan suara juga terdengar dengan baik.

Pertunjukan ini dibuat untuk anak usia 3+. Kami memilih pertunjukan jam 12.15 dan hari itu tempat duduk hanya terisi setengah. Untuk anak yang masih terlalu kecil, disediakan booster seat supaya mereka bisa menikmati pertunjukan tanpa terhalang orang dewasa. Setting panggungnya sederhana banget dan tidak mengundang decak kagum saat kita melihatnya. Pokoknya kesan pertama, semuanya biasa aja deh.

Tepat jam 12.15 lampu ruangan meredup. Dua aktor dan satu aktris mengisi panggung. Satu aktor berperan sebagai Stick Man, dan dua lainnya memainkan berbagai peranan lain silih berganti. Dengan setting panggung yang jauh dari kata glamor, kekuatan pertunjukan ini ada di talenta tiga pemain teaternya. Kesan pertama yang biasa aja, berubah jadi luar biasa. Di sepanjang pertunjukan berdurasi 55 menit ini mereka tampil super ekspresif untuk memberikan penampilan yang membuai para penonton cilik. Usaha itu tidak sia-sia karena para penonton cilik tersentuh emosinya, dengan pandangan terpaku hanya kepada trio pemain teater di atas panggung.

Selain kekuatan ekspresi, energi para pemain teater ini luar biasa karena hanya bertiga di panggung sementara semua mereka lakukan sendiri mulai dari ganti kostum, main berbagai macam alat musik, mengatur sound effect, berdialog, bernyanyi, menari. Semua dilakukan cepat, akurat dan rapi. Mereka tidak hanya beraksi di panggung tapi juga diantara para penonton, berinteraksi dengan anak-anak dan juga orang tua dengan gerak tubuh dan bahasa yang mengundang tawa.

Selama pertunjukan, penonton tidak diperbolehkan memotret atau merekam. Beberapa foto tentang pertunjukan bisa dilihat di situs web resmi stickmanlive di sini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Powered by WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: