My Great Orchestral Adventure di Royal Albert Hall

Bulan Oktober lalu kami sekeluarga beruntung bisa menikmati pertunjukan musik orkestra My Great Orchestral Adventure di Royal Albert Hall. Pertunjukan ini didedikasikan untuk anak-anak dengan tujuan memperkenalkan musik orkestra. Pertunjukannya keren banget karena memadukan berbagai unsur yang menghibur bagi anak-anak. Desain eksterior dan interior gedung dari tahun 1871 ini wow, pilihan gubahan lagu yang dibawakan memukau, penampilan para musisinya jelas flawless dan tema cerita yang diusung untuk melengkapi pertunjukan juga menghibur banget buat para penonton cilik. Kami super duper semangat bisa bergabung dengan ribuan keluarga lainnya pada hari itu.

IMG_20171026_133811_694
Ramainya penonton di dalam auditorium

Pertunjukan My Great Orchestral Adventure dilangsungkan di ruang auditorium Royal Albert Hall yang kapasitas tempat duduknya lebih dari lima ribu. Di tiket yang kita miliki sudah tertera angka yang mengindikasikan pintu masuk kita. Sebaiknya kita masuk dari pintu itu supaya tidak perlu jalan terlalu jauh ke area tempat duduk yang sudah dibeli. Biasanya pintu dibuka 45 menit sebelum pertunjukan dimulai jadi penonton bisa masuk lebih awal untuk menikmati suasana dan setiap detil bagian dalam bangunan. Jangan lupa menengadahkan kepala dan melihat sesuatu yang berbentuk seperti jamur menggantung di langit-langit. Mereka bukan hanya dekorasi tapi juga alasan mengapa akustik di dalam ruang auditorium itu bagus sekali.

IMG_20171026_133811_677
Si ‘Jamur’ penjaga akustik ruangan.

Saat masuk ruang auditorium anak-anak pasti terkesima melihat luasnya ruangan berbentuk melingkar yang didominasi warna merah. Selain itu mereka juga semangat karena melihat banyak anak seusia yang semuanya sudah tidak sabar menunggu pertunjukan dimulai. Suasana di dalam auditorium ramai luar biasa. Maklum deh yaaa karena didominasi anak-anak yang nggak bisa duduk diam karena terlalu semangat.

Tepat pukul 13.00 pertunjukan dimulai dan sebagian besar anak serta merta duduk tertib. Para musisi keluar dari belakang panggung. Biasanya di pertunjukan musik orkestra, musisi berpakaian formal setelan jas untuk laki-laki dan gaun untuk perempuan. Tapi karena ini pertunjukan untuk anak-anak, mereka mengenakan T-shirt warna warni sesuai dengan jenis alat musik yang dimainkan, apakah alat musik tiup, gesek, perkusi, dll. Untuk tahun ini para pemain musik yang tergabung dalam Orchestra of Adventure ditemani kelompok paduan suara London Youth Choir.

IMG_20171026_133811_681
Orchestra of Adventure & London Youth Choir

Ada 10 komposisi yang terdiri dari gubahan lagu berbagai komponis ternama serta soundtrack film seperti Pirates of the Caribbean, Little Mermaid dan Jurassic Park. Semuanya disajikan dalam pertunjukan musik yang dipadu dengan cerita yang mengajak anak dan semua penonton untuk ikut bernyanyi, menari dan terbang ke alam imajinasi mereka lewat kisah terdamparnya kapal HMS Albert di sebuah pulau misterius. Hampir semua anak terhipnotis melihat dan mendengar gubahan lagu yang dibawakan. Mereka juga antusias sekali untuk ikut menari dan bernyanyi, terutama saat musikalisasi cerita We’re Going on a Bear Hunt. Buku cerita ini adalah buku cerita anak bergambar favorit banyak anak di Inggris yang sudah banyak mendapat penghargaan dan terjual jutaan kopi.

My Great Orchestral Adventure berlangsung kurang lebih dua jam dengan jeda 15 menit. Saat jeda, kita bisa membeli makanan di café yang ada di dalam gedung, atau beli es krim di penjual es krim resmi yang berkeliling di dalam ruang auditorium. Kita juga boleh kok makan makanan yang kita bawa sendiri. Saya sempat kaget juga karena saya pikir tidak diperbolehkan makan atau minum di dalam ruangan semegah ini. Ternyata boleh!

IMG_20171026_133811_729
Setelah pertunjukan usai.

Singkat kata, nggak menyesal beli tiket pertunjukan ini dan nggak heran juga tiketnya hampir selalu sold-out. Selain karena enjoyable banget untuk anak (it will definitely be a positive experience for children), pertunjukan ini hanya diadakan satu tahun dua kali, di bulan Mei dan Oktober dengan tema dan cerita yang berbeda-beda. Satu lagi yang membuat pertunjukan ini berkesan adalah karena everybody was smiling from ear to ear, including us!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Powered by WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: