Jumlah Hari Libur SD di UK dan Pernak Perniknya.

Setelah libur musim panas selama 6 minggu, hari ini semua murid SD di Inggris kembali masuk sekolah. Lama yaaaa liburnya. Tapi ini salah satu yang kami suka dari sistem pendidikan dasar di UK. Liburnya banyak! Memang sih nggak sebanyak waktu libur di beberapa negara lain misalnya Finlandia. Tapi segini juga sudah cukup menyenangkan. Jadi berapa sih total hari libur sekolah di UK?

Satu tahun akademis Sekolah Dasar (Primary School) di sini terdiri dari 3 term (kuartal) yang masing-masing berlangsung selama kurang lebih 3 bulan. Untuk setiap term, dikenal yang namanya mid-term break (libur pertengahan kuartal) yang berlangsung selama 1 minggu. Selain mid-term break ada Christmas Break (2 minggu), Easter Break (2 minggu) dan yang paling fantastis tentu saja Summer Break (6 minggu). Jadi kalau ditotal, ada 13 minggu libur bagi siswa sekolah dasar. Menurut survey ini, siswa SD di UK menghabiskan 635 jam di kelas per tahunnya. Kontras banget dengan di Indonesia dimana siswa SD-nya menghabiskan sebanyak 1.252 jam di kelas per tahun. Wow…

Ini jelas, ASYIK bagi kami. Namun banyak juga sih orang tua di Inggris yang mengasosiasikan libur dengan sesuatu yang bikin pusing, apalagi kalau keduanya bekerja. Kalau pas libur, mereka harus memikirkan siapa yang akan menjaga anak apalagi kalau usia si anak masih muda banget. Seandainya tidak ada keluarga yang bisa membantu menjaga anak, misalnya kakek atau neneknya, maka mereka harus rela mengeluarkan uang yang nggak sedikit untuk membayar pengasuh, atau mengirim anak ke daycare. Biaya daycare di London konon salah satu yang paling tinggi di Eropa, per minggu antara 110-120 Poundsterling (sekitar 2 juta).

Karena jumlah hari libur yang banyak begini, banyak orang yang mengincar pekerjaan menjadi guru atau asisten guru. Mereka yang memiliki profesi sebagai guru, tetap mendapatkan gaji saat waktu libur. Rata-rata gaji per tahun guru di UK adalah 27.000 Poundsterling dan mereka juga mendapatkan pensiun yang lebih tinggi. Karena gurunya banyak libur, mereka cenderung memiliki tingkat kebahagiaan dan kepuasaan yang tinggi yang berpengaruh kepada kualitas pengajaran. Menurut survey tahun 2013, Teachers are the Happiest Workers in Britain. Alasan utama mereka? Tentu saja jumlah hari libur.

Berhubung hari liburnya sudah banyak, aturan kehadiran di sekolah jadi lebih ketat. Minimal kehadiran adalah 95%. Kalau anak terpaksa absen, orang tua harus melapor kepada sekolah sebelum jam 9 pagi dengan menyertakan alasannya. Sekolah memiliki otoritas untuk mengesahkan ketidakhadiran tersebut. Jika sekolah menganggap alasannya tidak tepat, seperti errr…mendadak liburan karena ada tiket murah, atau alasan lain yang dianggap tidak wajar, maka ketidakhadiran itu dianggap tidak sah atau istilahnya unauthorized absence. Jika tingkat kehadiran anak kurang dari 95%, pihak sekolah akan melaporkannya ke dinas pemerintah yang berwenang dan kalau hal ini sampai terjadi, orang tua harus membayar denda 60 Poundsterling yang harus dilunasi dalam waktu 21 hari. Kalau lewat dari 21 hari? Silakan terima aturan harus bayar lebih mahal lagi yaitu 120 Pound.

Menurut pendapat pribadi kami, sistem ini menyenangkan. Kami suka dengan polanya karena setiap 6 minggu, anak dapat jeda. Jadi saat semangat agak kendor, liburrrrr! Setelah beristirahat sejenak dari rutinitas belajarnya, anak kembali ke sekolah dengan semangat baru.

Lalu, apakah jumlah hari libur ini ada kaitannya dengan kualitas pendidikan? Kalau masalah kualitas pendidikan, terus terang kami awam tapi yang pasti, walaupun bukan yang terbaik di dunia, kualitas pendidikan di UK masih lebih baik dibandingkan beberapa negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Jadi untuk saat ini, itu cukup menghibur bagi kami 🙂

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Powered by WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: