Are You Going to Scarborough Fair?

Scarborough adalah kota kecil di tepi pantai utara North Yorkshire, Inggris, kota yang jadi inspirasi lagu hits Scarborough Fair yang dinyanyikan duo Simon & Art Garfunkel. Kota ini juga dikenal sebagai kota wisata pantai tertua di Inggris. Walaupun sekarang sudah ada sentuhan modern, klasiknya suasana kota wisata pantai yang berbaur dengan aktifitas nelayan masih terlihat dan terasa . Selain main di pantai, kita bisa icip-icip jajanan seafood tepi pantai, mengintip reruntuhan Scarborough Castle dan mendengarkan penduduk lokal berbicara dalam aksen dan dialek Yorkshire yang kental.

Perjalanan ke Scarborough diawali dengan rute dari London ke York, kota yang jadi ibukota North Yorkshire county. Lama perjalanan London-York kurang lebih 2 jam dengan kereta cepat Virgin Train. Dari York, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan jalur pantai utara yang dilayani perusahaan kereta TransPennine Express. Lama perjalanan sekitar 50 menit. Begitu tiba di stasiun Scarborough, sudah tercium wangi udara pantai yang segar. Burung camar juga sudah nampak berseliweran di langit kota.

Akses jalan dari stasiun ke arah pantai nyaman banget buat jalan kaki dan cukup jalan santai sekitar 20 menit kita sampai ke tepi pantai. Separuh perjalanan dari stasiun, kita akan melewati jalan Westborough yang sudah dibuat khusus untuk pejalan kaki, mobil dilarang masuk. Di kiri kanan jalan ini ada toko-toko modern, tukang roti, restoran, supermarket, dll. Jadi kalau ada keperluan yang lupa dibeli bisa mampir dulu. Setengah perjalanan lagi sebelum bertemu pantai, pemandangan berubah. Di kiri kanan yang berdiri adalah toko-toko yang lebih tua namun masih dalam keadaan terawat. Mulai dari sini, di sisi sebelah kanan jalan ada terlihat gang-gang sempit sekali yang kalau dilalui, bisa tembus ke pantai. Kami sempat mencoba satu gang, bereksperimen meninggalkan petunjuk google maps. Gangnya sempit, gelap karena terhimpit dua bangunan. Tapi di ujungnya, hamparan pantai telah menanti!

Nah, pantai Scarborough ini terkenal karena daerah pantainya terbagi menjadi dua yaitu South Bay dan North Bay. Suasana di South Bay lebih ‘asli’ karena di situ letaknya kota tua, dermaga, lengkap dengan mercu suarnya. Jadi suasana kota nelayan yang klasik lebih kental terasa. Kita bahkan bisa melihat nelayan menyiapkan perlengkapan menangkap ikan dan kepiting sebelum melaut. Aktifitas memancing di laut juga banyak ditawarkan kepada wisatawan.

IMG_20170803_120756
Food Kiosk by the Beach of South Bay

Di South Bay ada banyak tempat dan fasilitas penunjang wisata seperti restoran, toko cinderamata, taman hiburan dll, sehingga suasananya lebih ramai. Di sepanjang pantai banyak dijumpai kios yang menjajakan makanan dari bahan seafood segar. Jajanan kepitingnya enak banget loh. Makannya nggak pakai repot karena kepitingnya sudah direbus dan dagingnya  ditaruh di dalam cangkang kepiting yang berfungsi jadi mangkuknya. Jadi nggak usah kepruk-kepruk kepitingnya lagi. Yummy!

Pemandangan di South Bay didominasi mercu suar, kapal layar, rumah nelayan, deretan cottage cantik yang dibangun dari tahun 1800-an, serta hotel klasik Grand Scarborough yang dibuka pada tahun 1867 dan masih berdiri megah.

IMG_20170803_112609
The Lighthouse at South Bay

OK sekarang kita ke North Bay. North Bay bisa dicapai dengan jalan kaki sekitar 20 menit dari South Bay. Atau bisa juga naik bis tingkat hop-on/off kalau lagi malas jalan. Sebetulnya rute bus ini dari ujung ke ujung nggak lebih dari 15 menit tapi naik di dek atas yang terbuka ternyata asyik banget!

IMG_20170802_181252
Hop on Hop off

Suasana sekitar pantai North Bay lebih sepi karena tidak diramaikan berbagai fasilitas wisata seperti di South Bay. Pemandangan dari North Bay beach didominasi bukit berbatu tempat berdirinya Scarborough Castle. Scarborough Castle adalah satu dari banyak kastil yang masuk dalam daftar English Heritage. Reruntuhan kastil yang usianya sudah lebih dari delapan abad ini masih dirawat dan bisa dilihat dari dekat (harus bayar) atau dilihat keindahannya dari jauh. Kastil ini berdiri di atas puncak tertinggi di Scarborough, dan menghadap ke Laut Utara.

IMG_20170802_174742
North Bay View

Baik pantai South Bay maupun North Bay cocok untuk bermain, berjemur dan leyeh-leyeh karena bukan jenis pantai yang berbatu-batu. Pasirnya lembut dan bersih. Bahkan pantai North Bay masuk kategori pantai dengan status Blue Flag yang artinya kualitas keamanan, kebersihan air dan lingkungan pantainya bagus sesuai standar di Inggris.

 

IMG_20170802_125510
North Bay Beach

Kalau disuruh pilih, mana yang lebih bagus: North Bay atau South Bay? Susah deh jawabnya. Masing-masing punya karakter sendiri dan sama-sama menyenangkan. South Bay lebih klasik daerah wisata pantai dan desa nelayan Yorkshire, sementara North Bay lebih tenang, hanya ada pantai, pondok warna warni dan kastil di kejauhan. Di sini cocok untuk bersantai di senja hari menunggu matahari terbenam (asal tahan angin yang lumayan kencang).

Satu lagi yang berkesan dari perjalanan ini adalah mendengarkan penduduk asli Yorkshire berbicara dengan aksen khas mereka. Sempat blank dulu beberapa detik ‘Ey up!’ Waduh, apa tuh? Ternyata maksudnya ‘hello’. ‘Oh, aye? Yang artinya ‘Oh, really?’ :)) Ngertinya cuma segitu, yang lain samar-samar, tapi yang penting inti pembicaraan masih bisa ditangkap dan nggak salah order makanan 🙂

Are you going to Scarborough Fair

Parsley, sage, rosemary and thyme

Remember me to one who lives there

She once was a true love of mine

-Scarborough Fair, Simon & Art Garfunkel-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Powered by WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: