Posted in Going Places

Romantisme Toko Buku Shakespeare & Company

Shakespeare and Company adalah nama toko buku di kota Paris, tepatnya di Rue de Buchery, Left Bank. Sudah lama toko buku ini masuk ke daftar tempat yang ingin kuintip seandainya punya kesempatan ada di Paris. Di akhir musim semi lalu akhirnya kesampaian juga menyambangi toko buku tersohor yang salah satu pengunjung tetapnya adalah Ethan Hawke (aktor idola hihi).

Nggak sulit kok menemukan Shakespeare and Company. Kita hanya perlu naik metro atau bus yang lewat Katedral Notre Dame. Dari Notre Dame cuma jalan kaki sekitar 10 menit. Tokonya mudah dikenali karena gambar wajah siapa lagi kalau bukan Shakespeare yang dipasang di papan nama toko. Eksterior tokonya tampak antik dengan dominasi cat warna hijau gelap dan kuning terang.

Berada di dalam toko, jangan harapkan ruang super luas seperti di toko buku modern yaaaaa. Bagian dalam tokonya sempit dengan ruangan-ruangan kecil yang dipenuhi rak dan tumpukan buku-buku dari lantai sampai langit-langit. Kalau mau jujur sebetulnya pemandangan yang kulihat ini menyerupai toko buku BBC di Palasari Bandung. Tokonya kecil, muter-muter di dalamnya harus hati-hati karena takut nyenggol tumpukan buku. Mata juga sampai jereng karena ngeliatin judul buku yang tumpang tindih. Tapi justru disitu kan letak keseruannya.

Aroma kertas buku baru dan buku tua campur aduk di dalam toko. Toko ini nggak cuma menjual buku baru. Sebagai antiquarian bookshop, toko ini melakukan jual beli buku-buku lama juga. Keliling-keliling, lihat sini lihat sana, buka-buka buku nggak tahunya udah 1 jam aja. Bukunya nggak ada yang dibungkus plastik segel sih, jadi asyik ngintip-ngintip banyak. Hampir lupa kalo ada anak dan suami yang setia nungguin di Shakespeare and Company Cafe (ini cafe baru persis di sebelah toko buku dan memanfaatkan ketenaran nama toko buku ini buat jual kopi dengan harga yang lebih mahal!).

Untuk pencinta buku atau bukan, mampir ke toko buku ini nggak rugi. Yang membuat Shakespeare and Company berbeda dan layak dikunjungi tentu aja kisahnya yang menurutku sih romantis banget. Romantis karena tempat ini jadi rumah inspirasi ratusan ribu penulis sejak tahun 50-an, termasuk Ernest Hemingway dan F. Scott Fitzgerald. Apa lagi yang lebih romantis daripada berbagi dengan mereka yang membutuhkan, nggak hanya tempat berteduh tapi juga semangat buat para penulis yang sangat membutuhkan inspirasi. Kebayang ya berapa ratus ribu buah pikiran yang lahir di ruang-ruang toko buku ini.

Jadi awalnya sang pemilik toko George Whitman sering menampung para penulis yang berkelana di Paris dan nggak punya uang. Pintu tokonya selalu terbuka. Ia mengizinkan mereka singgah, tidur, mondar mandir, melamun dan menulis di sana. Oleh Whitman, para penulis itu disebut tumbleweed, karena mereka mirip seperti sekumpulan rumput ringan yang pergi kemana angin bertiup. Berapa lama mereka tinggal? Ada yang hanya semalam, ada yang bulanan bahkan konon ada yang sampai tujuh tahun. Mereka nggak perlu bayar apa-apa. Syaratnya cuma satu: saat mereka akan meninggalkan tempat itu, mereka harus menulis satu halaman kisah hidup mereka dan menyematkan foto diri di halaman itu.

George Whitman sudah meninggal dunia, tapi tradisi itu masih dilanjutkan hingga kini oleh Sylvia Beach Whitman, putri tunggalnya yang sekarang mengelola Shakespeare and Company bersama pasangannya, David Delannet. Kisah pertemuan mereka juga terjadi di toko buku ini. Suatu hari saat masih jadi mahasiswa jurusan filsafat, David masuk ke toko saat Sylvia sedang beres-beres buku dan jatuh cintalah mereka berdua.

Sayangnya di dalam toko buku ini kita nggak boleh foto-foto. Wajar sih, soalnya banyak turis yang datang cuma karena penasaran aja dan kalau mereka sibuk foto-foto jadi menganggu pencinta buku yang memang datang untuk serius melihat-lihat buku. Kalau mau tahu seperti apa di dalam toko buku, ada artikel dari independent.co.uk yang menampilkan foto-foto bagus disini.

 

 

 

 

Advertisements

Author:

I'm the universe in ecstatic motion.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s