Posted in Going Places

Bottomless Art at Fringe Festival Edinburgh

Ini cerita musim panas tahun 2016 lalu saat kami dapat tiket bullet train super duper murah ke kota Edinburgh. 70 poundsterling saja untuk tiket bolak balik dua orang dewasa dan satu anak. Walaupun belinya harus pakai usaha sedikit karena website perusahaan keretanya sampai ‘down’ dan nggak bisa diakses, mungkin syok diserbu ibu-ibu pengiritan se-Britania Raya. Berpacu dengan batas akhir diskon sementara website dibuka bolak balik masih aja down? Mayan deg-degan. Tapi kalau memang rejeki nggak akan kemana. Kami berhasil dapat tiket dan berangkat!!! Cerita tentang destinasi alam sudah dibagi di sini. Sekarang ceritanya tentang Fringe Festival yang diklaim sebagai the world’s largest art festival.

Nggak heran kalau event ini diklaim jadi festival seni terbesar di dunia. Lama festivalnya aja 25 hari. Di Wikipedia sudah ada update data terbaru tahun 2016. Selama 25 hari ada lebih dari 50.000 pertunjukan yang dilangsungkan di lebih dari 294 tempat di sekitar pusat kota Edinburgh. Pertunjukan utama yang bisa dinikmati di Fringe Festival ini biasanya adalah performing arts atau seni pertunjukkan, mulai dari teater, pantomim, stand-up comedy, music, tari, dll. Tapi nggak sebatas itu aja, banyak pertunjukkan lain yang ‘lucu’ buat ditonton seperti juggling bola api, naik sepeda satu roda, dll.

20160818_132529
Salah satu panggung pertunjukan di High Street, Royal Mile.

Tempat pertunjukannya variatif banget mulai dari gedung teater, gedung pertemuan, gereja, aula gereja, ruang kelas, bar, pub, aula sekolah dan tentu saja di jalanan. Pas baca di Wikipedia malah disebut ada pertunjukkan di WC umum, di dalam taksi dan di dalam bus tingkat. Sayang banget kita ga dapet kesempatan nonton penampilan seni di dalam bus tingkat. Sejumlah pertunjukan di Fringe Festival memungut bayaran tapi jumlah pertunjukan gratisnya jauh lebih banyak kok.

OK itu sekilas info tentang Fringe Festival. Dalam kenyataannya, memang festival ini menyenangkan untuk semua umur. Orang dewasa sudah pasti bisa menikmati, tapi keluarga dengan anak-anak juga bisa banget kok karena ada banyak gelaran pertunjukan yang bisa dipilih. Bocah 5 tahun aja bisa kegirangan. Kami sendiri memilih untuk menikmati pertunjukan di jalanan dengan pertimbangan bawa anak kecil biasanya kalau di dalam ruangan nggak betah nanti malah bikin heboh. Tapi tentu saja dengan catatan cuaca bersahabat. Untung saja selama dua hari cuaca di Edinburgh cantik kooperatif.

Nama jalan tempat kita bisa menemukan banyak pertunjukan adalah Royal Mile. Ini jalannya panjang banget. Mulai dari titik paling bawah Holyrood Castle, jalan akan terus menanjak sampai ujungnya di Edinburgh Castle. Di sepanjang jalan ini banyak terdapat bangunan-bangunan cantik, termasuk diantaranya bangunan-bangunan penting. Nama bangunannya apa aja, tinggal googling aja sendiri hehe. Anyway, bagian paling ramainya adalah di Lawn Street dan High Street tempat St. Giles Cathedral berada. Dua jalan ini adalah bagian dari Royal Mile. Di sekitaran sini kami wara wiri kesana kemari menikmati berbagai talenta seni unik dan menghibur.

20160817_204507
Telat cari posisi strategis 😦

Tips untuk menikmati pertunjukan jalanan: perhatikan sekeliling baik-baik. Kalau ada performer yang sedang siap-siap dan nampaknya apa yang mau dibawakan bakal menarik, buru-buru mendekat cari posisi strategis buat nonton. Orang Eropa kan tinggi postur badannya, jadi kebayang kan nasib orang yang tinggi badannya dibawah mereka, kalo ngga dapat tempat di depan. Untuk mencari tahu tentang pertunjukan gratis, biasanya banyak selebaran ditempel di berbagai tempat atau banyak juga orang berpakaian unik bagi-bagi brosur.

copy20160818_133027
Pembagi selebaran.

Oh iya sampai lupa, Fringe Festival ini berlangsung di sepanjang bulan Agustus. Tahun 2017 ini adalah ulang tahun ke-70 festival karena pertama kali diselenggarakan tahun 1947. Pasti acaranya jadi lebih meriah. Kalau tertarik dengan festival ini, banyak info ada di sini. Pokoknya pastikan pakai sepatu jalan yang enak nggak bikin lecet, bawa sunglasses, dan jangan nyampah sembarangan.

20160818_132554
Tiap hari selebaran silih berganti ditempel.
Advertisements

Author:

I'm the universe in ecstatic motion.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s