Posted in Suasana Hati: Dapur

Easy Fudgy Brownie

Bikin brownie yuks! Ini dia 3 alasan utama kenapa membuat brownie jadi pilihan kalau baking mood is in the air. Satu, bahannya gampang didapat. Dua, bikinnya gak perlu pakai mixer. Tiga, kemungkinan berhasil 99,9% (kecuali oven rusak, listrik padam waktu lagi manggang dan faktor teknis lain).

Dunia per-brownie-an mengenal dua jenis kue ini, yang cakey (tekstur lebih mengembang sedikit seperti cake/kue bolu) dan yang fudgy (tekstur lebih padat). Beda brownie cakey dan fudgy hanya di perbandingan komposisi bahannya aja. Yang cakey pakai lebih banyak terigu, tapi lebih sedikit mentega dan coklat masak. The boys di rumah suka yang fudgy, jadi biasanya bikin brownie yang padat, nyoklat, tapi gak terlalu manis.

Bahannya cuma ini:

150 gr dark cooking chocolate (sesuai selera sih, mau pakai yg milk chocolate juga bisa).

80 gr mentega (kalau mau enak banget, pakai mentega beneran, bukan margarin).

80 gr tepung terigu (jadi 100 gr kalau bubuk coklat tidak dipakai).

20 gr bubuk coklat (bisa di-skip).

150 gr gula pasir (kalau suka manis banget bisa ditambah antara 20-30 gr).

2 butir telur.

Cara eksekusi bahan:

Tim coklat dan mentega sampai jadi cair. Diamkan dulu sampai sudah gak terlalu panas.

Sementara itu panaskan oven suhu 180 derajat.

Setelah tim coklat dan mentega hangat, masukkan gula pasir dan telur, aduk rata.

Masukkan tepung terigu aduk rata.

Tuang adonan (karena malas mengalasi loyang, motong-motong dan nyuci loyang, biasanya adonan brownie dituang di cetakan muffin yang sudah dialasi mangkuk kertas untuk cupcake). Satu resep ini bisa jadi 9 cups ukuran sedang.

Panggang 30 menit. Biasanya kalau brownie sudah mulai kelihatan retak permukaannya artinya akan segera matang.

Advertisements

Author:

I'm the universe in ecstatic motion.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s