Posted in London Life

Pesta Ulang Tahun Tony

Di akhir pekan yang lalu, ada acara pesta ulang tahun teman sekelas Josh. Sebetulnya undangan sudah diterima dari akhir bulan Juni, tapi yah begitulah, dua hari sebelum tanggal acaranya barulah saya mencari tahu dimana lokasi pesta ulang tahun Tony. Setelah cek, tempatnya di Colne Valley Regional Park. Saya buka website tempat itu, mencari rute transportasi umum untuk kesana, dan eh malah jadi panik. Ternyata untuk sampai kesana tidak ada akses transportasi umum. Pemberhentian bus terdekat, jaraknya 2 kilometer. Wah, dua kilometer kok jauh banget ya. Langsung kebayang lagi panas begini harus jalan jauh kok nggak menarik banget deeeh. Suasana hati langsung jadi suram, teringat kalau di negara sendiri gampang banget kemana-mana tinggal cussss naik kendaraan sendiri.

Lalu hal ini saya diskusikan dengan si Ayah. Setelah minta bantuan Google Maps kami dapat pilihan rute. Pilihan pertama, naik bus satu kali lalu turun dan jalan kaki sekitar 2 kilometer, dengan kondisi jalanan tanpa trotoar. Apa?? Masa sih gak ada trotoarnya? Serem ah! Lalu pilihan kedua, kita berjalan menyusuri sungai Colne, jaraknya 3 kilometer lebih. Hah?? 3 kilometer bukannya jauh ya? Berarti bolak balik 6 kilometer dong?! Aduh, jadi lebih suram lagi deh suasana hati ini.

Pesta ulang tahun ini adalah kali pertama Josh mendapat undangan pesta ulang tahun sejak kami pindah ke kota ini 6 bulan yang lalu. Josh sudah menanti-nantikan tanggal 6 Agustus, tanggal pesta ulang tahun Tony. Tiap hari Sabtu tanyaaa melulu, “Ini hari Sabtu ulang tahunnya Tony, Bu?” Nggak tega dong saya kalau memutuskan untuk tidak hadir di pesta itu. Akhirnya kami sepakat untuk memilih opsi kedua, yaituuuuuu berjalan kaki sejauh 3 kilometer menyusuri pinggiran sungai Colne.

Di hari Sabtu, saya sudah siap-siap mengisi ransel. Air minum, buah, snack, roti, dll. Takut kelaparan, kepanasan, bosan di jalan. Rute dimulai dari pub the Swan and the Bottle, melalui Uxbridge Lock, dan perjalanan 3 kilometer itu berlalu dalam sekejap saja. Kenapa?? Karena sepanjang perjalanan banyak sekali hal menyenangkan yang menghibur panca indera kami. Lima? Iyaaaaa…lidah juga!

20160806_125111
Awal perjalanan menyusuri sungai Colne

Jalan setapak yang kami lalui hanya bisa dilewati pejalan kaki dan pengendara sepeda. Di awal kami menyusuri sungai, pemandangan menariknya adalah boathouses (rumah kapal) yang ditambatkan di kiri kanan sungai. Mereka dicat warna warni. Ada yang terawat, ada juga yang tidak. Setiap boathouse punya nama. Sebagian nama yang saya baca: Sister Dora, Sea Mistress, May Buds, Utopia, September Morn, dan masih banyak lagi. Ini adalah pengalaman pertama kami melihat begitu banyak boat houses dan melihat-lihat kehidupan di sekitarnya. Ada penghuni boathouse yang sedang mengecat kapalnya, ada yang sedang duduk-duduk minum teh, ada juga yang sedang berkebun.

20160806_132816
Rumah perahu yang melintas di sungai Colne

Jalan setapak di sepanjang sungai Colne ini tenang sekali. Yang terdengar cuma suara bebek, angsa, dan burung. Sesekali saja ada perahu yang lewat, itupun suaranya hanya mirip dengungan halus. Dan karena tidak ada kendaraan bermotor yang lewat, udara terasa bersih sekali. Cuaca panas, tapi karena banyak tanaman liar, udaranya jadi terasa sejuk dan menyegarkan.

Kejutan kedua adalah blackberry! Di sepanjang jalan, pohon blackberry tumbuh liar dan karena ini musim panas, mereka berbuah! Pengalaman pertama lagi untuk Josh yang kali ini bisa memetik buah yang tumbuh liar dan makan langsung. Sebagian rasanya masam, tapi sebagian lagi manis.

Setelah melewati sungai, menurut mbah Google kami harus belok kiri. Tengok ke kiri, ada jalan kecil, tapi kok gelap banget. Disana ada jembatan kayu. Seram juga suasananya, karena pohon-pohon di sekitar jembatannya lebat sekali dan area itu tidak tertembus sinar matahari. Tapi si Ayah yakin itu jalannya.

Setelah menyeberang jembatan, ternyata ada kejutan berikutnya karena kami tiba-tiba sampai di sebuah padang rumput terbuka nan luas dan terang benderang! Wow, kaget banget karena nggak mengira harus lewat padang rumput. Kirain bakal gelap-gelapan terus sampai ke tempat ulang tahun Tony.

20160806_133810

Setelah padang rumput lewat, barulah ada papan tanda yang menunjukkan tempat pesta ulang tahun Tony, Colne Valley Visitor Park. Yeaaahh, akhirnya sampai! Wajah Josh berseri-seri bahagia, semangat ikut Tony’s Green and Wild Birthday Party. Siapa sangka, perjalanan menyusuri sungai ini ternyata menyenangkan. Oh iya, bahkan bekal di dalam tas pun tidak termakan. Kenyang icip-icip blackberry!

20160806_150835
Josh and Tony the birthday boy.

Catatan untuk diri sendiri: Satu: optimis dong, jangan baper terus dengan apa yang nggak ada di tangan kita. Dua: love can move a mountain, patut dipercaya. Tiga: katanya mau jadi penjelajah? (oh iya ya) Empat: remember to use all your senses in your investigation.

Advertisements

Author:

I'm the universe in ecstatic motion.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s